Minggu, 05 September 2010

Puasa Ramadhan dan Manfaatnya


Muslim diwajibkan menjalani puasa pada bulan Ramadhan, yaitu menahan diri mulai terbit fajar sampai tenggelam matahari, ini berdasarkan ayat Al-Qur’an.

Kebanyakan muslim mengartikan terjemahan ayat tersebut dengan menahan diri dari lapar dan haus dan menahan diri dari birahi atau menahan diri dari sesuatu yang masuk ke dalam setiap lobang lobang yang biasa dimasuki sesuatu di tubuh, namun apakah hanya sesederhana itu makna dari puasa atau siam di bulan Ramadhan, padahal hikmah dari puasa sangat banyak dan bisa dinikmati secara lahir dan batin.


Jika kita mau menelaah makna puasa yaitu menahan diri, sebenarnya yang diutamakan adalah menahan perasaan, entah perasaan yang bagaimana itu adanya, perasaan senang, sedih, lapar, haus, benci, marah dan bentuk bentuk perasaan yang lain mulai dari terbitnya fajar yang ditandai dengan imsa’ sampai dengan tenggelamnya matahari yang ditandai dengan magrib.

Mengapa harus perasaan yang mesti ditahan, karena perasaanlah yang menjadikan manusia berbuat segala sesuatu terutama perasaan haus, lapar dan birahi, manusia bisa melakukan apa saja baik itu dianggap jahat ataupun tidak dengan berdasarkan ketiga perasaan tersebut.

Menjalankan ibadah puasa bukan hanya melaksanakan perintah wajib dari Allah SWT, melainkan juga mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 11 di antaranya:

1. Mengistirahatkan sistem pencernaan. Setelah puasa, sistem pencernaan ataupun pengeluaran sisa makanan baik daya kerjanya.

2. Meningkatkan proses detoksifikasi. Puasa akan memperlancar mobilisasi dan pengeluaran racun tubuh.

3. Meningkatkan resolusi proses peradangan, seperti artritis rematoid.

4. Menenangkan reaksi alergi, termasuk asma dan demam.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat. Puasa dapat menormalkan tekanan darah dan setelah puasa tekanan darah akan tetap ideal jika yang bersangkutan tetap menerapkan gaya hidup sehat.

6. Membantu menghilangkan kebiasaan buruk dan kecanduan. Banyak orang bisa terbebas dari ketergantungan terhadap tembakau dan alkohol berkat puasa, bahkan ketergantungan obat.

7. Membersihkan kulit dan menjernihkan mata.

8. Merupakan pintu gerbang yang sempurna untuk memulai pola makan sehat.

9. Membantu menurunkan berat badan tanpa rasa lapar yang menyiksa. Banyak orang terkejut karena saat Ramadhan mereka hanya ingin makan sedikit dan bobot tubuh pun berkurang.

10. Membantu meringankan penumpukan cairan abnormal secara lebih cepat, seperti edema pada kaki atau bengkak di perut.

11. Mengembalikan rasa penghargaan terhadap makanan sehat alami. Banyak orang merasa lidah mereka menjadi "hidup" dan peka setelah puasa dan lebih menyukai makanan alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar